Sebelum acara ini dimulai, Prof. Dr. H. Mutawali, M. Ag. sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram membuka acara tersebut secara resmi, dilanjutkan dengan Pelantikan ketua dan pengurus Forum Perpustakaan Perguruaan Tinggi Indonesia (FPPTI) Nusa Tenggara Barat ini dipimpin oleh Ketua FPPTI pusat yaitu bapak Imam Budi Prasetiawan, SS. M.I. Kom. terpilih sebagai ketua FPPTI NTB adalah Rika Kurniawati, M.Hum yang merupakan Kepala UPT Perpustakaan UIN Mataram.
Setelah acara pelantikan Ketua dan Pengurus FPPTI NTB tersebut dilanjutkan dengan seminar dengan tema utama “Tantangan Perpustakaan dan Pustakawan di Era 4.0 serta Workshop Pelatihan pembuatan konten Digital di Wikipedia Bahasa Indonesia”.
Seminar Tantangan Perpustakaan dan Pustakawan di Era 4.0 ini dibagi dalam dua sesi, sesi pertama adalah seminar “Membangun Branding Perpustakaan dan Pustakawan di Era Digital” sebagai pemateri adalah bapak Imam Budi Prasetiawan, SS. M.I. Kom. yang merupakan ketua FPPTI Pusat, dan sesi kedua adalah Seminar “Media Wisdom in Era 4.0 dan Edukasi Tentang Hoaks” sebagai pemateri adalah Dr. Kadri, M.Si merupakan pakar Ilmu Komunikasi di UIN Mataram. Setelah itu dilanjutkan pula denga acara “Workshop Pelatihan pembuatan konten Digital di Wikipedia Bahasa Indonesia”.