Sebagai tindak lanjut dari Keputusan Rektor UIN Mataram No. 1781 Tahun 2018 tentang Penetapan Pemberlakuan Wajib Simpan dan Upload Karya Ilmiah dan Kewajiban Plagiarism Checker Sivitas Akademika UIN Matara. Tingkat similiarity yang ditetapkan sesuai dengan SK Dirjen Pendais No. 7142 tentang Pencegahan Plagiarism di PTKI.
Tetapi dalam masa pandemi Corona ini pelayanan tidak dapat dilaksanakan seperti biasa oleh karena itu Perpustakaan UIN Mataram mengambil inisiatif untuk melakukan pelayanan secara online menggunakan sosial media, Mahasiswa dapat mengirimkan file tugas akhir kepada petugas yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan UIN Mataram dan akan ditindaklanjuti/diproses oleh petugas.
Ketentuan atas file yang akan di cek plagiasinya adalah :
  • file dalam bentuk word
  • Merupakan satu file utuh ( tidak terpisah-pisah ) yaitu :
  • Satu ( 1 ) lembar cover + Abstrak + BAB I sampai BAB terakhir (Pembahasan)
  • Namakan file tersebut dengan format : NAMA_NIM_Jurusan contoh (Nuraeni_1501030392_Mtk.)
  • Untuk melakukan cek plagiasi mahasiswa dapat datang langsung ke UPT Perpustakaan UIN Mataram atau dapat mengirimkannya melalui Whatsapp ( WA ) petugas seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.
Disamping ketentuan file, kami sertakan juga alur cek plagiasi dari langkah pertama sampai pada pencetakan surat keterangan cek plagiasi dalam bentuk gambar.
Agar pelayanan cek plagiasi terhadap proposal tugas akhir maupun tugas akhir ( TA ) dapat berjalan dengan baik, diharapkan mahasiswa mengikuti ketentuan-ketentuan tersebut.